Wisata Religi Ikonik di Malaysia: Batu Caves

Batu Caves

Melancong ke Malaysia ada wisata religi ikonik yang sayang untuk dilewatkan, Batu Caves. Ini adalah tempat ibadah umat Hindu yang tersohor.

Batu caves adalah gua berbentuk batu kapur yang diyakini sudah berumur 400 juta tahun. Merupakan tempat ibadah suci bagi umat Hindu dan menjadi objek wisata yang ikonik di Selangor, Malaysia.

Tepat berada di wilayah Selangor, 13km utara Kuala Lumpur. Pengunjung akan disambut oleh patung dewa Hindu setinggi 42.7 meter, konon merupakan patung dewa tertinggi di dunia, dinamakan Lord Murugan, yang akan Menyambut kamu di Batu Caves, Malaysia.

Batu Caves

Untuk sampai ketempat ini, Kamu bisa naik komuter dari KL Sentral dan turun di stasiun Batu Caves, selanjutnya jalan kaki sekitar 5 menit untuk sampai di Batu Caves. Tempat ini dibuka pada jam 07 pagi dan ditutup pada jam 9 malam.

Memasuki area ini tidak dipungut biaya apapun, tiket hanya berlaku jika kamu ingin memasuki area gua. Untuk menuju gua kamu harus menaiki sekitar 272 anak tangga, jadi persiapkan sepatu yang nyaman agar bisa sampai dipuncak.

Menjelajah gua diperlukan waktu sekitar 1-2 jam. Harap dicatat untuk memasuki area Batu caves disarankan kamu memakai baju yang sopan dan berlengan atau kamu harus memakai kain yang diberikan petugas sebelum menaiki anak tangga menuju gua.

Batu Caves

Menurut sejarahnya, Batu Caves merupakan tapak keagamaan yang terletak di ketinggian hampir 100 meter dari dasar laut. Umat Hindu mendirikan sebuah kuil di gua besar yang ditemukan oleh William Hornaday seorang ahli naturalis Amerika.

Sejak itu umat HIndu terutama dari komunitas India yang berada di Malaysia mulai berziarah ke gua, dengan ciri khas formasi gua yang indah, didalam gua kamu bisa menikmati pemandangan stalaktit dan stalagmit. Saat ini situs terpelihara dengan baik sebagai tempat peribadatan dan menjadi salah satu tujuan wisata karena tempat ini mempunyai karakter dan sejarah yang unik.

Datang ketempat ini, jangan lupa untuk mengamankan barang-barang yang kamu bawa, karena tempat ini dihuni oleh monyet-monyet iseng, yang biasanya akan mengambil barang bawaan pengunjung yang disangka makanan. Masih di area yang sama kamu juga bisa menikmati kerumunan merpati-merpati yang cantik.

Batu Caves

Batu Caves dikenal dengan festival Thaipusam, dimana jutaan umat Hindu akan melakukan prosesi keagamaan untuk menghormati Dewa Murugan. Festival ini berlangsung selama dua hari setiap tahunnya.

Ini adalah festival spektakuler dengan menampilkan tarian seremonial sebagai bentuk spiritualitas. Ajang ini banyak ditunggu wisatawan. Ayo cek terlebih dahulu jadwal festival Thaipusam sebelum ke Batu caves.

 

Repost: Artikel saya di Detiktravel

Sumber: https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3765564/wisata-religi-ikonik-di-malaysia-batu-caves

 

Kuliner kuala Lumpur: http://www.rinarahma.com/2017/08/29/kuala-lumpur-wisata-kuliner-serumpun-tapi-beda-rasa/

About Rina

Halo,, saya Rina Penulis di blog ini, dan Saya sangat suka dengan teh.

View all posts by Rina →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *