Weekend di Bandung? ke Kawah Putih Ciwidey Saja

Kawah Putih Ciwidey

Banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi di Bandung untuk berakhir pekan. Salah satunya adalah Kawah Putih Ciwidey.

Kawah putih Ciwidey adalah tempat wisata di Bandung yang cukup terkenal. Dinamakan kawah putih karena airnya yang berwarna putih kehijauan dan mengandung unsur belerang. Kawah putih sangat indah.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih terletak di Ciwidey Jawa Barat. Terbentuk dari letusan gunung Patuha yang terjadi pada abad ke 10. Danau ini memiliki ketinggian 2.434 meter dari permukaan laut.

Waktu tempuh dari pusat kota Bandung ke Kawah Putih sekitar 2 jam perjalanan berkendara. Total perjalanan yang saya tempuh dari Sukabumi sekitar 5 jam.

Dari pintu pembelian tiket menuju lokasi kawah sekitar 5km bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang disediakan oleh pengelola kawasan, untuk menggunakan kendaraan umum ini kamu harus membayar ongkos lagi.

Kawah putih di kelola dan di fasilitasi oleh perhutani yang cukup aktif mempromosikan kawasan ini keluar negeri. untuk memasuki kawasan ini kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu, dengan waktu berkunjung dimulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 17.00.

Sepanjang perjalanan 5 km kamu akan disuguhi pemandangan pepohonan dan sejuknya udara Ciwidey. Setelah sampai di lokasi parkir di atas kamu tinggal berjalan dengan menaiki beberapa anak tangga untuk sampai dan menikmati keindahan kawah putih. Sangat disarankan untuk memakai masker jika kamu mau berlama-lama di lokasi ini. Karena kawah putih mengandung belerang.

Kawah Putih Ciwidey

Saya kali ini memilih menikmati kawah putih dengan cara berbeda, saya memilih jalur trekking terlebih dahulu melalui sisi kiri dan masuk ke hutan di kawasan gunung patuha. Saya mengambil jalur melingkar yang di tempuh sekitar 3 jam trekking untuk akhirnya bisa menikmati keindahan kawah putih dari atas.

Menikmati keindahan kawah putih dari salah satu bukit di gunung Patuha adalah salah satu cara saya mengagumi keindahan maha karya Sang Pecipta. Memaknai setiap perjalanan saya dengan cara yang berbeda.

Dari atas bukit pemandangan 180 derajat kawah putih bisa kamu lihat dengan warnanya yang putih kehijauan dengan pasirnya yang berwarna kuning belerang. Dengan suhu udara 10-20 derajat celcius.

 

Repost: Artikel saya di Detiktravel

Sumber: https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-3699247/weekend-di-bandung-ke-kawah-putih-saja  

 

Bandung juga punya restoran yang cukup ngehits yaitu The Valley Bistro, kamu bisa berkunjung kesana sebagai alternatif.

About Rina

Halo,, saya Rina Penulis di blog ini, dan Saya sangat suka dengan teh.

View all posts by Rina →

10 Comments on “Weekend di Bandung? ke Kawah Putih Ciwidey Saja”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *