Seperti Apa Sih Bandara International Sydney

Bandara Sydney atau Kingsford Smith Airport adalah bandara international di Sydney. Terletak sekitar 8 km dari kota Sydney, atau sekitar 20 menit berkendara. Bandara ini memiliki tiga landasan pacu, dan merupakan bandara tersibuk di Australia.

Saya menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Sydney dengan penerbangan langsung selama 6 jam. Take off pada jam 01 pagi WIB, dan sampai pada pukul 10 pagi waktu Sydney. Perbedaan waktu antara Jakarta – Sydney adalah 3 jam lebih dulu untuk waktu sydney. Setelah mendarat dengan selamat, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurus koper yang dibawa ke bagian bagasi (baggage claim). Untuk menuju ke tempat baggage claim kita tinggal mengikuti petunjuk arah yang sudah ada, atau kamu bisa bertanya kepada petugas bandara.

Setelah urusan bagasi selesai , dan koper sudah ada di tangan, selanjutnya kita menuju bagian imigrasi bandara, sebelum kita turun dari pesawat, kita diminta untuk mengisi data-data dengan lengkap dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada diselembar kertas yang disebut Incoming passenger card.

sebelum ke bagian imigrasi bandara ada baiknya kamu  menyiapkan terlebih dahulu dokumen- dokumen yang harus di perlihatkan ke petugas , diantaranya paspor, visa, dan incoming passenger card yang sudah diisi dengan lengkap. Jika ada data yang tidak lengkap, petugas akan banyak bertanya dan jika kamu tidak bisa menjawab , bisa-bisa kamu tidak akan lolos dibagian imigrasi dan akan tertahan di bandara. Seperti halnya pasangan asal china yang tidak mengisi Incoming passenger card, dan saat di interview tidak bisa bahasa inggris, mereka terpaksa tertahan dibagian imigrasi.

Setelah urusan imigrasi sudah selesai , ada tahapan akhir yang harus dilalui, cek badan dan barang bawaan, jika dibandara soetta untuk cek badan dan barang bawaan menggunakan komputer dan scanner, di bandara Sydney lain lagi. proses cek dilakukan oleh petugas dan seekor anjing, jadi jangan kaget kalau melihat petugas dengan seekor anjing pada saat kamu akan keluar dari gate bandara.

Setelah pengecekan selesai, kamupun sudah bisa keluar dari gate bandara dan menuju lobby. di lobby disediakan banyak kursi untuk menunggu jika memang  dijemput teman atau saudara, atau agen travel.

Bandara Sydney, tidak seramai Bandara Soetta, kamu bisa langsung naik kereta dari dalam tanpa harus keluar bandara terlebih dahulu, makanya tidak ada antrian yang menjemput. Sebelum naik kereta , pastikan sudah  membeli tiket kereta ketempat yang dituju, kamu bisa membelinya di bandara dengan menggunakan tiket mesin.

 

About Rina

Halo,, saya Rina Penulis di blog ini, dan Saya sangat suka dengan teh.

View all posts by Rina →

2 Comments on “Seperti Apa Sih Bandara International Sydney”

  1. Sydney salah satu destinasi yang ingin kusinggahi.
    Pernah beberpa kali liat tayangan bea cukai di bandara Sydney emang ketat banget ya,. Sampai2 anjing pun dilibatkan.
    Aku pikir bandaranya ramai, ternyata masih crowded bandara Soetta ya mbak? hehe
    Btw salam kenal ya 🙂

    1. Hallo Mbk April

      Iya Mbak, mereka nggak pake scanner, lebih percaya sama doggy. bandara sydney lebih sepi dari soetta. Bahkan saat saya mau ambil koper, koper saya sudah berdiri rapi tinggal ambil.

      Salam kenal juga, sepertinya sudah berteman di IG, saya sering berkunjung ke blognya mbk april.
      terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *