Jangan Tukar Uang di Bandara Kalau Tidak Mau Rugi

Traveling keluar negeri, selain mempersiapkan paspor dan visa (untuk negara yang mengharuskan kita mengurus visa sebelum datang ke negara tersebut). Hal lain yang tidak kalah penting adalah menukar mata uang dari Rupiah ke mata uang negara tujuan. 

Sangat di sarankan untuk menukar mata uang didalam negeri dari pada menukar uang di negara tujuan. Karena terkadang money changer diluar negeri tidak menerima penukaran uang dari Rupiah, kecuali kita menukar US$ untuk ditukar ke mata uang negara tersebut, jarang money changer yang menolak US dollar.

Jika Traveler mau menukar uang, carilah money changer dengan kurs rendah, dan janganlah Traveler menukar uang di money changer bandara kecuali dalam keadaan terdesak atau memang Traveler tidak mempermasalahkan budget liburan.

Sedikit pengalaman saya ketika akan trip ke Malaysia. Dikarenakan kesibukan saya, dan minimnya fasilitas money changer di kota saya, saya tidak sempat menukar uang dari Rupiah ke RM sampai hari  keberangkatan saya ke Kuala Lumpur. Sesampainya di bandara dengan terpaksa saya mencari money changer untuk menukar uang. Sebelumnya saya cek terlebih dahulu kurs BI Rp – RM, yaitu Rp. 3130 = RM 1 per hari itu. Ketika sampai di salah satu money changer yang ada disana kurs yang mereka patok untuk RM 1 = Rp. 3600,  di hitung ada selisih yang cukup tinggi yaitu Rp. 470.

Kalkulasinya jika Traveler menukar RM 500 x Rp. 3600 = Rp. 1.800.000, jika mengikuti kurs yang seharusnya RM 500 x Rp. 3130 = Rp. 1.565.000, maka selisih uang yang kita keluarkan lebih besar Rp. 235.000, lumayan kan.

Sekedar referensi untuk Traveler , ada beberapa money changer yang dikenal dengan rate nya yang cukup baik, selisih sekitar 1-20 poin.

  1. VIP (Valuta Inti Prima)
  2. Ayumas Gunung Agung
  3. Garuda Multi Valasindo
  4. International Valas

Sedikit tips sebelum anda pergi ke tempat money changer, cek terlebih dahulu rate mereka secara online, untuk sekedar membandingkan dan memutuskan kita akan menukar uang di mana. Setiap money changer biasanya selalu update rate.

 

About Rina

Halo,, saya Rina Penulis di blog ini, dan Saya sangat suka dengan teh.

View all posts by Rina →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *